Perisai Langit Istimewa

Kekuatan Sedekah yang Dilakukan Sambil Berdoa

Kekuatan sedekah yang diridhoi oleh Allah SWT membawa banyak manfaat. Sedekah merupakan salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah SWT. Menurut bahasa, sedekah berarti pemberian dari seseorang untuk orang lain secara sukarela tanpa ada batasan jumlah atau tenggat waktu tertentu. Sedekah tidak hanya mengeluarkan atau memberikan harta saja, tetapi juga mencakup semua amal atau perbuatan baik yang dilakukan kepada orang lain.

Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk berbagi dengan sesama lewat sedekah. Selain mendapatkan pahala yang berlipat, seseorang yang bersedekan akan menerima berbagai manfaat lainnya. Karena, kekuatan dari sedekah adalah keutamaan dan keajaibannya. Salah satu keajaiban sedekah adalah, harta seseorang tidak berkurang saat bersedekah melainkan bertambah banyak.

Perintah Sedekah dalam Islam
Dalam Islam, perintah bersedekah tertulis di QS An Nissa ayat 114 yang artinya:

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar”.

Dalam bersedekah, umat Islam dianjurkan agar menyembunyikan amalan sedekahnya dan tidak menyakiti perasaan penerima sedekah. Hal ini dimaksudkan untuk menghidari diri dari sifat ria yang dapat menghapus pahala sedekah. Allah SWT berfriman dalam QS Al Baqarah ayat 264, yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti perasaan si penerima, seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah.”

Keutamaan dan Kekuatan Sedekah
Allah SWT menjanjikan keutamaan yang luar biasa dari ibadah sedekah. Selain pahala, sedekah juga dapat memperkuat iman dan menjadi pelindung dari segala musibah. Bersedekah dengan niat hanya untuk Allah SWT dapat memupuk rasa keimanan diri sendiri terhadap Allah SWT. Terlebih, sedekah juga dapat dijadikan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan.

Pahala orang-orang yang bersedekah akan senantiasa dilipatgandakan oleh Allah SWT. Keutamaan ini dijelaskan oleh Allah SWT dalam QS Al Hadid ayat 18 dan QS Al Baqarah ayat 261, yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Q.S. Al Hadid Ayat 18)

“Perumpamaan (infaq yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir mempunyai seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. Al Baqarah Ayat 261).

Sedekah seperti tabungan yang memiliki keuntungan berlipat. Bagi orang-orang yang memakai hartanya untuk bersedekah, akan mendapat 7 kelipatan. Tidak hanya itu, tiap kelipatan bahkan Allah beri kelipatan lagi menjadi 100 kali. Hanya dengan 1 sedekah, pahala yang didapat menjadi 700.

Kekuatan Sedekah dan Doa
Sedekah yang diiringi dengan doa niscaya harapannya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Dengan kata lain, sedekahnya dilakukan dengan bertawasul. Ketika seseorang memiliki keinginan, lalu beramal atau bersedekah dan berdoa agar harapannya tercapai, hal tersebut disebut dengan tawasul dengan amal sholeh.

Selain keutamaan yang telah disebutkan sebelumnya, sedekah juga dapat mengabulkan permohonan ketika dilakukan sambil berdoa penuh pengharapan. Di Kitabisa, setiap orang bisa dengan mudah bersedekah dan menuliskan doa yang diinginkan. Melalui fitur Doa-doa #OrangBaik, semua bisa bersedekah untuk membantu sesama dengan penuh harapan agar keinginannya terwujud.

Setiap orang bisa bersedekah sekaligus menuliskan harapan yang diinginkan melalui fitur Doa-doa #OrangBaik di Kitabisa. Nantinya, orang lain juga bisa ikut membaca doa yang dituliskan dan ikut mengamini doa-doa yang tertulis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *